Apple patenkan GUI iOS , siap serang android

Apple kembali berhasil mematenkan teknologi kekayaan intelektualnya. Kali ini berupa tampilan graphical user interface (GUI) pada perangkat mobile berbasis sistem operasi iOS, termasuk iPhone.

Paten berjudul “Perangkat Elektronik Portabel, Metode, dan Antarmuka Pengguna berbasis Grafis untuk Menampilkan Daftar dan Dokumen Elektronik” itu menjelaskan detail tampilan antarmuka yang digunakan Apple dalam sistem operasi iOS.

Paten tersebut adalah salah satu dari 25 paten baru Apple yang dipublikasikan oleh US Patent and Trademark Office, pada Selasa (17/7/2012).

Hal-hal yang tercakup dalam paten antara lain adalah tampilan modul UI email, Camera Roll, daftar menu, video player, kalender, browser, widget,  search, maps, serta interface multi-touch secara umum pada iOS.

Paten Apple juga mencakup iPhone yang dijelaskan sebagai perangkat multi-fungsi berbasis interface multi-touch yang memiliki serangkaian program dan keyboard virtual.

Tampilan interface pada perangkat iOS milik Apple dirancang untuk digunakan dengan sentuhan jari pada layar. Konsep ini diperkenalkan oleh iPhone generasi pertama pada 2007 dan segera diikuti oleh produsen-produsen perangkat mobile lain.

Keberhasilan Apple mendapatkan paten tampilan antarmuka ini akan semakin memanaskan perang paten dengan pesaingnya, terutama Android. Karena paten yang sukses diklaim Apple ini akan dengan mudah menyerang Android atau perangkat lain yang mempunyai tampilan antarmuka mirip iPhone.

Seperti diketahui, tampilan kebanyakan ponsel Android bisa disebut sangat mirip dengan antarmuka iOS di iPhone.

Saat ini Apple terlibat sengketa hukum dengan sejumlah produsen perangkat Android, termasuk Samsung dan HTC, terkait aspek-aspek dari iPhone, iPad, dan iOS yang menurut Apple telah ditiru oleh lawan-lawannya tersebut.

Posted from WordPress for BlackBerry.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s