coretan kecil stimulus idealis

sebuah catatan untuk penyambung perjuangan revolusi

Demi Tuhan, bangsa dan almamaterku. Hidup mahasiswa !

pertama saya ucapkan selamat kepada maba dan miba kampus kita politeknik telkom tercinta. proses pencetakan kader2 pembawa perubahan di kampus revolusioner telah dilaksanakan selama 5 hari . 5 hari yang mungkin mengesankan. tawa, haru, dongkol, lelah, deg – degan, nyut – nyutan, puyeng, dan kawan2nya mungkin sudah kalian rasakan selama masa orientasi ini. kalian boleh tersenyum kawan. kalian telah lewati semua dengan perjuangan ala pemuda, selamat datang di dunia kampus !

mungkin bagi sebagian kalian ada yang merasa bahwa orientasi kemarin itu tidaklah berguna, manfaatnya hanya sedikit banyak capenya. yah wajarlah, kalian ibarat seorang balita yang baru belajar berjalan dan mencari hal baru. eh, berbicara mengenai balita. mereka walau terjatuh dan menangis tapi mereka tidak pernah berhenti untuk mencoba. kalian jangan sampai kalah dengan balita, bukankah kalian itu MAHAsiswa?

mahasiswa yang menurunkan seorang presiden di jaman orde baru. mahasiswa si banyak omong yang mengkritik pemerintah. mahasiswa yang selalu membuat robot dan bolak balik keluar negeri berkompetisi dengan negara lain mahasiswa berbudaya dan penggerak di garis depan. mahasiswa adalah pemuda. pemuda yang menyeret bung karno memproklamirkan kemerdekaan. pemuda seperti pak habibie yang membuat rancangan pesawat yang membuat negara kita disegani bangsa lain. pemuda yang ah.. terlalu banyak pengorbanannya untuk negara kita kawan. nasib rakyat itu bergantung pada pemuda dan sudah pasti pada MAHAsiswa.

kawan . . orientasi kampus memang melelahkan, kalian mungkin tidak akan merasakan manfaatnya sekarang. namun nanti, kalian akan sangat berbahagia pernah merasakan masa orientasi kampus. memang saya tidak memberikan sesuatu yang sangat spesial buat kawan2 sekalian. tapi saya berusaha maksimal untuk membangun karakter kawan2 sekalian menjadi seorang MAHAsiswa. seseorang yang the one, the best, the leader. ingatlah kawan sesuatu yang diraih dengan perjuangan yang tidak mudah maka hasilnya akan susah hilang dan sangat bermanfaat. sama seperti saya dulu, dulu pun saya sama seperti kalian. bahkan lebih parah ( kalau gak percaya tanya sama senior kalian 😀 )

terakhir, saya hanya berpesan. MAHASISWA itu bukanlah orang yang datang ke kampus sekedar untuk belajar dan masuk lab saja. tapi MAHASISWA itu ialang seorang yang memperjuangkan nasib bangsanya, “nasib suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pemudanya” . perjuangkanlah nasibmu, nasib bangsamu tanpamu bangsa ini tidaklah berguna ( serius ). jadilah orang pertama jangan kedua. karena orang lain hanya menngingat orang di urutan pertama. bukan haus kekuasaan namun jadilah orang di urutan pertama yang menjadi penggerak, bukan perusak. jadilah kritikus bukan pengeluh. terima apa adanya pelajari dan rubahlah. selamat datang di dunia kampus teruslah perjuangkan perjuangan kami. suatu saat kita bertemu kembali, kita sama2 perjuangkan nasib bangsa yang sudah diujung tanduk ini. “bergerak atau tergantikan ! “

jadilah mahasiswa sejati ! mahasiswa INDONESIA , mahasiswa berbudaya.

wassalam,

Atmaji Haryo Wiryawan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s