(selalu) tak berharganya peneliti indonesia, dibalik cerita SELO

selamat pagi readers today’s break ! . beberapa hari ini mas boy sedang giat – giatnya ngoprek mikrokontroller dan mencari hal baru dalam dunia komputasi dan telekomunikasi. nanti kalo sempat mas boy taro file dan dokumentasi hasil ngopreknya. yang membuat saya jadi teringat akan seseorang dan produk penelitiannya.


oya sebenarnya bukan maksud ingin sekedar curhat mengenai keisengan saya. tetiba saya teringat akan seseorang pencipta mobil listrik karya anak Indonesia, idola saya mas Ricky elson dan pak Dahlan iskan dkk dengan mobilnya Tuxuci dan Selo . mungkin sebagian readers tahu, kejadian kecelakaan tuxuci 2 tahun lalu yang menghasilkan cacian, hinaan serta kehebohan orang tolol lainnya yang sepertinya malah tidak suka akan perubahan ini. namun dengan semangat pantang menyerah dan jiwa nasionalisme yang hebat maka mas ricky tidak kapok – kapoknya berjuang memperbaiki menciptakan mobil listrik versi 2 yaitu SELO. seketika saya mencari update terakhir berita mengenai mobil masa depan itu, ternyata malah hal menyedihkan yang terjadi. bukannya semakin didukung tapi kok kalangan elit pemerintah malah sepertinya menjadi semakin gak karuan saja kebijakannya.

1545040_10153077377934403_2860452902773841244_n
lu kira listrik bisa ngeluarin asap ? gila.

yah berita buruknya hingga saat ini mengenai kelanjutan riset si SELO ini saya dapat dari akun FB nya bang ricky yaitu :

10438159_10200558244356457_1142438583408621552_n 11403256_10200558244596463_2938928184826195647_n

Riset tak boleh Gagal
Pembuatannya ga boleh pake Dana CSR atau Dana Promosi
Gak Pake Knalpot
Tak Lolos Uji Emisi….. Uji Komisi????
Tak Lolos Uji Layak Jalan
Tak akan dapat Izin Jalan di Jalan Raya
Karna Bahaya dan Membahayakan jika di Jalan Raya
Penggagasnya dan Pembuatnya Harus Masuk Penjara

ada 3 kalimat yang saya blok disitu yang berkaitan dengan judul post ini.

pertama, Riset tak boleh gagal ? siapa ilmuan yang berani – beraninya berbicara riset tak boleh gagal. readers sendiri sudah tahu jawabannya TIDAK ADA dan hanya segelintir poliTIKUS goblok dan penyidik rakus yang merasa dirinya dewa dan “money oriented” yang melarang suatu penelitian itu tidak boleh gagal. Alfa edison saja membuat lampu bisa menyala saja hingga 1000 kali percobaan, Einstein dengan kejeniusannya mengatakan 1%  jenius dan 99% kerja keras (pasti akan merasakan gagal dan jangan pernah menyerah).

Di belahan dunia manapun yang namanya penelitian ialah menemukan sesuatu hal yang baru. bahkan hal yang sudah ditemukan pun belum pasti sempurna dan setiap peneliti akan memperbaharui produk baru yang telah tercipta tersebut. ambil contohnya saja, lagi2 lampu. lampu zaman dahulu kan masih menggunakan filamen tipis yang dapat memancarkan cahaya apabila dialiri arus. zaman semakin modern dan ilmuan terus mengembangkannya dan lahirlah lampu LED yang menghasilkan cahaya dari lompatan listrik kutub anoda ke katoda. apakah itu disebut gagal ? samasekali TIDAK seiring berjalannya waktu hal tersebut akan terus terbaharui. kebiasaan orang indonesia ialah ingin segalanya selesai dengan cara yang instan. tidak boleh seperti itu, bahkan dalam penjualan mobil oleh perusahaan besar pun ada yang namanya after sales, dimana setiap konsumen didata mengenai produknya, dicatat kekurangannya, fitur apa saja yang harus diperbaiki dan disematkan dll. inilah contoh manusia – manusia yang bekerja hanya untuk mendapatkan uang bukan mendapatkan nilai dari pekerjaan itu sendiri.

ayolah, penelitian harus terus berlanjut. kapan kita akan belajar dan memperbaiki kesalahan jika kita selalu dilarang untuk mencoba. memang bisa berakibat fatal dan berpotensi merenggut nyawa seseorang tetapi, biarlah nyawa urusan Tuhan kita pun tahu semua orang akan mati. mobil – mobil lain pun banyak kok yang kecelakaan. apa itu dikatakan produk gagal juga? kalo memang iya berarti semua produk di dunia ini ialah prduk gagal. kenapa ? karena semua berpotensi bisa merenggut nyawa. tugas kita sekarang hanyalah mencari solusi permasalah di negara ini.

kedua dan ketiga, sepertinya adik saya yang masih SMP pun tahu kalau emisi kendaraan bermotor disebabkan oleh zat sisa hasil pembakaran bahan bakar yang digunakan oleh mesin. dan fungsi dari kenalpot itu ialah sebagai media pembuangan dari gas sisa hasil pembakaran BBM tersebut.

lah sekarang kasusnya, LISTRIK pak LISTRIK mobil ini pakai LISTRIK bagaimana bisa mobil listrik menggunakan kenalpot dan bisa menghasilkan emisi?. apa yang dibuang dan buat apa ada media pembuangan bila tidak ada zat yang harus dibuang. adik saya seketika langsung tertawa saat saya suruh baca berita yang isinya mengenai mobil listrik harus menggunakan knalpot. sungguh kegoblokan manusia seperti itu sudah mengakarn di negeri ini.

saya yakin bahkan sangat yakin. ada oknum dari ATPM yang tidak suka akan hadirnya mobil baru kita ini. menurut saya wajar, karena memang mereka bisnis bersaing. yang goblok ya tetap saja orang yang menentukan kebijakan atas sertifikasi dan uji kelayakan mobil seperti ini, jelas tidak bisa disamakan dari segi teknisnya. dan juga media yang dibayar agar membuat berita yang seakan – akan mobil baru ini memang sangat tidak nyaman dan berbahaya. padahal kan memang belum diproduksi masal dan memang butuh beberapa perbaikan. dan yang lebih kesalnya lagi pemimpin elit pemerintahan kok sepertinya acuh terhadap perkembangan teknologi mobil ini. katanya dulu janji akan semangat membuat mobil nasional. eh sekarang kok malah kerjaannya bikin mobil murah mulu kerjasama sama tetangga sebelah. gak malu apa ya?

KATANYA BUTUH SUMBER ENERGI TERBAHARUKAN, KATANYA BUTUH MOBIL MURAH RAMAH LINGKUNGAN. KATANYA…KATANYA… sudah turun saja kalau hanya bisa berkata2 !

apakah akan selalu seperti ini nasib para peneliti cerdas Indonesia. selalu dicekal dan dihina sana-sini tidak dipercaya dan sebagainya. kita masih beruntung memiliki anak muda seperti bang ricky elson. tidak banyak orang Indonesia yang sudah enggan pulang ke negerinya sendiri setelah menikmati enaknya hidup di luar negeri. kita harus tetap mendukung dan berterimakasih. apapun kesalahannya tolonglah dinilai secara objektif dan didukung untuk diperbaiki.

kesimpulan yang bisa kita tarik ialah. jangan pernah sekali – kali menyerah karena sulitnya penelitian apapun yang sedang readers kerjakan. demi masa depan bangsa yang lebih baik jangan pula sekali – kali berpatok terhadap money oriented bahwa setiap pekerjaan kita tidak harus selalu dibayar oleh uang yang banyak. demi masa depan bangsa ini apapun harus kita coba coba dan kerjakan semoga senantiasa Allah selalu ada dalam setiap perjuangan kita untuk masa depan Indonesia yang lebih baik ceilah galau mas boy nih haha.

sedikit cerita mengenai hadirnya si SELO ini dari sudut pandang mas boy sebagai seorang (calon) insinyur. sekali lagi semoga Allah selalu bersama kita dalam berkontribusi membangun bangsa ini.

beberapa berita didapat dari : akun ricky elson | cerita Tuxuci dan SELO dan sumber lain yang terkait.

Atmaji Haryo Wiryawan,
Computer Engineering

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s