Tips Kenyang Sehat Menyantap Menu Lebaran

Perhatikan porsi makan

Selama berpuasa tubuh telah menjalani proses pengeluaran racun (detoksifikasi), maka tubuh membutuhkan penyesuaian kembali terhadap makanan-makanan yang kita konsumsi. Jangan memaksakan tubuh kita makan dengan porsi makan yang berlebih, berhentilah sebelum kenyang, mulailah sebelum lapar. Tubuh perlu beradaptasi kembali dengan pola waktu makan yang normal. Pelan-pelan, kembalilah pada pola makan dengan porsi kecil dengan frekuensi 5-6 kali sehari atau ambil porsi sedikit-sedikit saja.

Batasi jenis makanan

Batasi jenis makanan yang bersantan dan berminyak, seperti opor ayam, sate, rendang, gulai, kari, karena minyak dan santannya mengandung lemak jenuh atau lemak jahat yang tinggi. Makanan jenis ini akan membuat kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah Anda akan melonjak melebihi HDL (kolesterol baik). hati – hati readers todays break !, makanan paling enak memang yang berlemak dan bersantan apalagi pedas beuh, tapi batasi juga yah biar perut tetap kenyang namun sehat

Mengubah Pola Menu

Di samping menyediakan ketupat, opor, rendang, sajikan juga menu lain seperti pasta, nasi merah, dan roti gandum. Makanan jenis ini cocok bagi yang mereka memiliki riwayat penyakit diabetes. Selain itu, Anda dapat menghidangkan menu gado-gado atau sayuran segar salad maupun lalapan. Sediakan juga makanan lain yang mengandung protein tinggi, seperti telur,  tahu, dan tempe.

Atur Jadwal Makan

Atur jadwal makan Anda. Makanlah hanya saat sarapan, makan siang, dan makan malam.  Selebihnya, nikmati sedikit kudapan diantara waktu makan tersebut dalam porsi yang sedikit-sedikit. jangan mentang – mentang udah gak puasa tiap menit makaaaaan terus kerjaannya readers break .

Jangan lupa sayur dan buah

ini yang paling penting readers break, banyak mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat sehingga dapat menyerap dan mengimbangi kandungan kolesterol dalam tubuh, dan juga melancarkan sistem pencernaan.

Minum cukup air putih

Hindari softdrink atau minuman manis lainnya. Jika ada es puter tersaji, ambillah dalam porsi kecil. Akan lebih baik jika kita memilih susu rendah lemak, yoghurt, atau susu kedelai untuk menambah kalsium dan protein bagi tubuh.

Konsumsi penawar lemak

Setelah menyantap menu Lebaran yang kaya lemak anda bisa menetralisirnya dengan minum teh, jus jeruk, atau kopi hitam.

Aktifitas fisik

Tetap melakukan aktifitas fisik seperti olahraga ringan, jalan kaki, untuk membakar kalori makanan yang sudah diasup tubuh.

 

Setelah lebaran berlalu, kembalilah ke pola makan sehat dan seimbang, kurangi jumlah makanan dan batasi makanan yang telah banyak disantap selama lebaran

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s